Posted by: bukjam | April 7, 2010

Martabak Bangka HOK LO PAN 福佬粄 Kue KHAS Hakka (khek) Indonesia

Kemplang dan Kerupuk Bangka 邦加食品 ; Hakka Bangka Shao Zhu 燒豬客家邦加印尼 ; Hakka Bangka Cake Bong Li Piang 黄梨餅客家邦加印尼 ; Archipelago Bangka Belitung Tourism 印尼邦加勿里洞旅行 ; SEJARAH TIONGHOA BANGKA BELITUNG 客家邦加勿里洞历史 ; Hakka Mian in Bangka Indonesia 麵客家邦加 ; Lo Fu Pan 老虎粄 ; Thew Fu Fa豆腐花 ; Bangka Belitung Island Information Summary 信息邦加勿里洞客家印度尼西亚; Hakka Bangka LUNG  The Longest New Year Dragon in Indonesia邦加過年龍 ; Hakka Indonesia Convention Bangka 2010 印尼客家大会邦加; Hakka Bangka Belitung Clan FamilyName 客家邦加勿里洞家姓

Group  Informasi BANGKA BELITUNG

Group  Sejarah TIONGHOA BANGKA BELITUNG

Group MAKANAN KHAS BANGKA BELITUNG

MAKANAN KHAS Bangka Belitung

Kue Khas Hakka (khek) Bangka Hok Lo Pan ( Martabak ) 福佬粄是客家邦加的

Martabak Bangka Hok Lo Pan  福佬粄

福佬粄 Martabak Bangka Hok Lo Pan Kue Khas Hakka (khek) Bangka

Hok Lo Pan 福佬 粄  (Pinyin : Fu Lao Ban) atau Martabak dalam Bahasa Indonesia, adalah Makanan Khas Bangka Belitung 食品印度尼西客家邦加勿里洞Hok Lo Pan atau Martabak 福佬 diciptakan oleh orang-orang Hakka ( Khek ) Bangka 客家邦加.  Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) 客家 yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta 雅加达 mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka 邦加 adalah Hok Lo Pan 福佬 (Martabak ). Arti Hurfiah Hok Lo Pan福佬 ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo

福佬. Padahal ini asli kue orang Hakka ( Khek ) Bangka 客家邦加. Sejarahnya  历史 adalah benar martabak memang dibuat oleh Imigran Hakka客家 ( Khek ). Murni hasil kreatifitas  Hakka ( Khek ) Bangka 客家邦加. Jelas BUKAN kue buatan suku Hok Lo 福佬. Kelihatannya ini bagian dari Kelirumologi ala Jaya Suprana.

Mengapa ini bisa terjadi? Menurut analisa BUKJAM 屋檐 ada 2 sebab. Pertama, menggunakan kata Hok Lo 福佬 maka gengsi dari kue tersebut lebih tinggi. Kedua, kue ini jenis baru. Belum ada di Tiongkok maupun di Bangka Belitung 邦加勿里洞, Indonesia 印度尼西. Bukan juga kue Hakka 客家 ( Khek ) dan tidak pernah dimakan oleh orang Hakka 客家 ( Khek ) sebelumnya. Jadi asumsi tidak mungkin kue orang Hakka 客家 ( Khek ). Karena kedekatan suku Hakka (Khek) 客家 dan suku Hok Lo 福佬, Nah, jika bukan Hakka 客家 ( Khek ) maka Hakka ( Khek ) Bangka 客家邦加 menduga mungkin ini jenis kue Hok Lo 福佬.

Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya pun sepertinya mudah. Hanya 12 Menit BUKJAM 屋檐menunggu Hok Lo Pan ( Martabak ) pun Jadi. Menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai. Ringkasnya seperti itu. Kini, isi dalam Hok Lo Pan ( Martabak ) beragam, ada pisang, strawberry, blueberry, dll. Aslinya hanya wijen saja. Lengkapnya lihat di tulisan BUKJAM 屋檐 mengenai proses pembuatan  Hok Lo Pan ( Martabak ) .

Kelirumologi Hok Lo Pan 福佬 ( Martabak ) yang kedua adalah Hok Lo Pan ( Martabak ) 福佬 di Semarang 三宝 dikenal dengan sebutan kue bandung. Padahal jelas-jelas ini bukan kue bandung. Ini adalah kue orang Hakka ( Khek ) Bangka客家邦加. Mengapa Hok Lo Pan ( Martabak ) 福佬 di semarang dinamakan kue bandung? Hal ini ada sejarahnya. Sejarahnya 历史 adalah bahwa kue tersebut dibuat oleh orang Bangka 邦加 yang menetap di Semarang 三宝 dan diberi nama kue bandung. Yakni oleh Keluarga Cen 曾氏 (Pinyin : Zeng), generasi  ke-4 dari leluhur yang bernama Cen Khian Sam (Pinyin : Zeng Quan San). Seorang imigran Hakka 客家 ( Khek ) dari Moi Yan 梅縣. Pararel dengan itu ada pula Mie Bandung di lokasi jalan Gajah Mada Semarang 三宝, dan di Tanjung Duren, Jakarta 雅加达 Barat, Indonesia.

Hok Lo Pan 福佬 ( Martabak ) sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Rasanya gurih, manis dan juicy. Sekali anda makan dijamin tidak cukup 1 potong saja. Pasti tambah lagi. Selain di Bangka Belitung 邦加勿里洞, Hok Lo Pan ( Martabak ) 福佬 ini sangat mudah ditemui diberbagai kota di seluruh Indonesia, seperti di Medan, Palembang, Jakarta雅加达, Bandung万隆, Semarang三宝, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan.

Di Pangkal Pinang ( Pinkong ), Bangka, Indonesia 邦加港印度尼西. Anda bisa beli Hok Lo Pan (Martabak) 福佬 A Cauw. Lokasi di dekat simpang sekolah swadaya.  Menurut BUKJAM 屋檐 Ini yang paling enak, namun bila lokasi anda jauh dari sana. Belilah di tempat sekitar. Di Tanjung Duren, Jakarta 雅加达 anda bisa beli Martabak Sinar Bulan 福佬, seberang Fuji Digital Image. Martabak Sinar Bulan 福佬 adalah martabak yang paling lama di Tanjung Duren, selain Martabak A Hiung (A Hiung Gepeng) yang sudah tutup. Atau Martabak A Fong, seberang SS Photo. Semua martabak  diatas dibuat oleh orang Bangka 邦加人, dijamin asli dan halal. Harga Rp20.000-35.000/loyang. Beli Martabak yang dibuat oleh orang asli Bangka 邦加人, itu baru martabak asli. Tips beli martabak lihat di tulisan BUKJAM 屋檐 berikutnya. Selamat mencoba..An Ho Sit Woo…

Mengapa orang jual Hok Lo Pan 福佬粄 ( Martabak Bangka ) kebanyakan malam hari? Apakah kaitan Hok Lo Pan 福佬粄 (Martabak Bangka) dengan filosofi Yin Yang? Bagaimana membedakan Hok Lo Pan 福佬粄 ( Martabak Bangka ) yang kualitas bagus dan kurang? Bagaimana Hok Lo Pan 福佬粄 ( Martabak Bangka ) menjadi begitu populer? Apakah penyebabnya? Ikuti tulisan BUKJAM 屋檐 selanjutnya…

Makanan KHAS Bangka Belitung

Kue Khas Hakka (khek) Bangka Hok Lo Pan ( Martabak ) 福佬是客家邦加的

信息印尼邦加勿里洞客家 Informasi Tionghoa Bangka Belitung : info@bukjam.com
印尼邦加 Twitter Tionghoa Bangka Belitung Indonesia : BUKJAM , 印尼邦加Facebook Tionghoa Bangka Belitung : BUKJAM, FORUM Tionghoa Bangka Belitung : http://www.bukjam.com


Makanan Khas Bangka BelitungHok Lo Pan ( Martabak )

Hok Lo Pan 福佬 ( Martabak ) adalah Makanan Khas Bangka Belitung. Hok Lo Pan ( Martabak ) diciptakan oleh orang-orang Hakka客家 ( Khek ) Bangka.  Hampir semua orang-orang di kota besar di Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan ( Martabak ). Arti Hurfiah Hok Lo Pan福佬 ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo. Padahal ini asli kue orang Hakka 客家 ( Khek ) Bangka. Sejarahnya memang dibuat oleh Imigran Hakka客家 ( Khek ). Jelas BUKAN kue orang Hok Lo. Kelihatannya ini bagian dari Kelirumologi Ala Jaya Suprana.

Mengapa ini bisa terjadi? Menurut analisa BUKJAM屋园 ada 2 sebab, pertama menggunakan kata Hok Lo maka gengsi dari kue tersebut lebih tinggi. Kedua kue ini jenis baru, belum ada di Tiongkok maupun di Bangka Belitung, Indonesia. Bukan juga kue Hakka 客家 ( Khek ). Tidak pernah dimakan oleh orang Hakka 客家 ( Khek ) sebelumnya. Jadi asumsinya tidak mungkin kue orang Hakka 客家 ( Khek ). Nah, jika bukan Hakka 客家 ( Khek ) maka ada kemungkinan jenis kue Hok Lo.

Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya pun sepertinya mudah. Hanya 12 Menit BUKJAM屋园menunggu Hok Lo Pan ( Martabak ) pun Jadi. Menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai. Ringkasnya seperti itu. Kini, isi dalam Hok Lo Pan ( Martabak ) beragam, ada pisang, strawberry, blueberry, dll. Aslinya hanya wijen saja. Lengkapnya lihat di tulisan BUKJAM屋园 mengenai proses pembuatan  Hok Lo Pan ( Martabak ).

Kelirumologi Hok Lo Pan ( Martabak ) yang kedua adalah Hok Lo Pan ( Martabak ) di Semarang dikenal dengan kue bandung. Padahal jelas-jelas ini bukan kue bandung. Ini adalah kue orang Hakka 客家 ( Khek ) Bangka. Mengapa Hok Lo Pan ( Martabak ) di sana dinamakan kue bandung? Hal ini ada sejarahnya. Sejarahnya adalah bahwa kue tersebut dibuat oleh orang Bangka yang menetap di Semarang dan diberi nama kue bandung. Yakni oleh Keluarga Cen (Pinyin : Zeng), generasi  ke-4 dari Cen Khian Sam. Seorang imigran Hakka 客家 ( Khek ) dari Moi Yan. Pararel dengan itu ada pula Mie Bandung di lokasi jalan Gajah Mada Semarang (jika masih ada), dan di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Indonesia.

Hok Lo Pan ( Martabak ) sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Rasanya gurih, manis dan juicy. Sekali anda makan dijamin tidak cukup 1 potong saja. Selain di Bangka Belitung, Hok Lo Pan ( Martabak ) ini sagat mudah ditemui diberbagai kota di seluruh Indonesia, seperti di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan.

Di Pangkal Pinang ( Pinkong ), Bangka, Indonesia. Anda bisa beli Hok Lo Pan ( Martabak ) A Cauw. Lokasi di dekat simpang sekolah swadaya.  Menurut BUKJAM屋园 Ini yang paling enak, namun bila lokasi anda jauh dari sana. Belilah di tempat sekitar. Di Tanjung Duren, Jakarta anda bisa beli Martabak Sinar Bulan, seberang Fuji Digital Image. Martabak Sinar Bulan adalah martabak yang paling lama di Tanjung Duren, selain Martabak A Hiung (A Hiung Gepeng) yang sudah tutup. Atau Martabak A Fong, seberang SS Photo. Semua info diatas dibuat oleh orang Bangka, dijamin asli dan halal. Harga Rp20.000-35.000/loyang. Beli Martabak yang dibuat oleh orang Bangka, itu baru asli. Tips beli martabak lihat di tulisan BUKJAM屋园 berikutnya. Selamat mencoba..An Ho Sit Woo…

About these ads

Responses

  1. Saya mau komentar sedikit, mengenai Khas Bangka Belitung, seperti Hok Lo Pan sebagai contohnya.

    Kalau kita telusuri, kue ini bisa juga ditemui di semenanjung Malaysia dgn nama Apam Lipat, sehingga sebelum kita bisa mengklaim bahwa itu adalah makanan khas Bangka Belitung, sebaiknya kita telusuri dulu asal muasalnya, karena banyak sekali persamaan makanan di Bangka/Belitung dengan makanan di Semenanjung Malaysia dan di Pesisir Timur Sumatera. Kalau saya amati, persamaan-persamaan tsb karena adanya kesamaan demografi pada wilayah tersebut, khususnya dengan adanya kaum peranakan dari hasil percampuran antara perantauan dari Cina dgn pribumi Nusantara, sehingga terciptalah banyak makanan2 khas peranakan.

    Demikian sedikit pendapat saya mengenai makanan khas Bangka Belitung, yg juga bisa ditemui di kawasan lainnya, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Wendi Usino

    • komentar banyak juga boleh wendi :) apam lipat itu BEDA wendi. Bahkan sangat beda. apa anda sudah coba? sebaiknya anda coba dan lihat cara mereka membuatnya. Di singapura juga ada yang yang mirip Hok Lo Pan, bahkan di Thailand pun ada. Jika kita perluas sampai ke asia tenggara, maka mungkin saja ada kemiripan tetapi tidaklah sama. Yang kelihatan mirip tentu tidaklah selalu sama. Namun Hok Lo Pan jelas tidak bisa dipungkiri adalah kue khas orang Bangka Belitung. Bukjam sarankan wendi untuk melakukan observasi kembali. Terima kasih atas info apam lipatnya. salam, bukjam

  2. Setuju. Bahwa memang martabak Bangka itu khas sekali. Banyak generasi tua di Bangka yang sudah pindah dan merantau ke berbagai daerah lalu membuka usaha seperti martabak, bakmi dan susu kacang. Nah, kadang karena faktor marketing maka dibuatlah nama misalnya martabak san fransisco, martabak holland, martabak terang bulan, dsb. Intinya itu makanan martabak khas bangka.

    Ini memang jenis makanan pendatang yang diciptakan ketika mereka menetap dan merantau sampai ke bangka. Orang bilang hok lo yin (orang hok lo) bukan mirip orang tua loh..hehe. Istilahnya thong san nyin…

    salam sukses buat bukjam. Maju terus urang kite punye wo.. mo pun ki nyiok…haha.

    • Terima kasih atas komentar Martabak bangka (Hok Lo Pan), kue khas bangka.sinmung


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: