Posted by: bukjam | July 29, 2010

Lakso (Laksa) bangka

Informasi Singkat Pulau Bangka Belitung ; Peta Bangka Belitung Indonesia ; Asal-Usul Nama Pulau Bangka ; Hok Lo Pan ; Hakka Bangka Shaozhu ; Hakka Bangka Belitung Mian ; Kue Khas Hakka Bangka Belitung – Bong Li Piang ; Lo Fu Pan ; Thew Fu Fa ; Ngiong Thew Fu ; Choy Pan ; Mian Bangka; Lempah ; Lempok ; Pempek Bangka ; SEMBLINGKUNGDaftar Makanan KHAS Bangka Belitung

Join Group MAKANAN KHAS BANGKA BELITUNG

Join Group  Panorama dan Pariwisata BANGKA BELITUNG

LAKSO (LAKSA) Bangka

LAKSO (LAKSA) Bangka adalah Makanan KHAS Bangka Belitung. LAKSO adalah adaptasi MIAN面 (mie) ke dalam masyarakat Bangka Belitung. Layaknya Spaghetti yang merupakan adaptasi  MIAN面 (mie) ke dalam masyarakat Italia. MIAN面 (mie) merupakan makanan sehari-hari orang tiongkok (china). LAKSO atau LAKSA kini tidak hanya terdapat di Bangka Belitung, tetapi juga tersebar di daerah-daerah lain di Pulau Sumatera, seperti di Lampung, Palembang, Jambi, Medan bahkan hingga ke negeri-negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura. Di Singapura, LAKSO (LAKSA) termasuk dalam kategori makanan atau masakan nyonya, di Indonesia  disebut sebagai makanan atau masakan peranakan. Awalnya LAKSO atau LAKSA ini merupakan makanan KHAS Melayu Bangka. Orang-orang Melayu gemar memakan makanan yang menggunakan santan. Awalnya LAKSO hanya masakan sederhana saja dan tidak berbentuk seperti MIAN面 (mie). Hingga dikembangkan oleh Thong Ngin (Tionghoa) Bangka Belitung. Orang Tionghoa Bangka Belitung, sebagian besar Tionghoa suku Hakka (Khek), menyempurnakan LAKSO (LAKSA) menjadi LAKSO yang sekarang ini ada, tanpa sama sekali mengurangi karakteristik, rasa dan bumbu asalnya. Orang Tionghoa suku Hakka (Khek) sudah mendiami Pulau Bangka semenjak lebih dari 300 tahun yang lalu. Mereka datang sebagai pekerja-pekerja tambang timah dan mereka berinteraksi dan berasimilasi dengan orang-orang darat, orang-orang laut dan orang-orang Melayu yang mendiami Pulau Bangka waktu itu. Maka tidaklah heran ada MIAN面 (mie) berbentuk LAKSO dan LAKSO (LAKSA) adalah  MIAN面 (mie) orang Bangka.

Pembuatan  Lakso (Laksa) Bangka

Bahan Takaran
Ikan Tenggiri 400 – 500 gram
Santan 1,5 – 2,0 liter
Tepung Beras 1 Kilogram
Tepung Sagu 400 – 500 gram
Serai 4 – 5 batang
Langkuas secukupnya
Kunyit secukupnya
Kemiri 4 – 5 butir
Bawang Merah 8-10 butir
Cabe Merah Secukupnya

Di beberapa tempat di Tiongkok, BUKJAM menemukan orang-orang yang membuat Mian面 (mie) dengan cara mirip membuat  LAKSO (Laksa) Bangka. Perbedaan LAKSA dengan Mian面 adalah pada Kuahnya. Tidak ada Mian面 di Tiongkok berkuah sama dengan kuah LAKSA Bangka. LAKSO atau LAKSA Bangka memiliki cita rasa yang khas dengan racikan bumbu dan rempah-rempah yang lengkap. Resep Lakso (Laksa) Bangka sangat sederhana.Racikan Bumbu-bumbu dan rempah Lakso (Laksa) adalah sebagai berikut Langkuas, Serai, Kunyit, Kemiri, Bawang Merah dan Cabe. Bahan utama adalah tepung beras dan sagu. Racikan Kombinasi antara tepung beras dan sagu akan menentukan Lakso menjadi kenyal atau lunak. Tergantung selera. Resep Lakso Bangka terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah pembuatan adonan , tahap kedua adalah pembuatan bumbu ikan atau Udang, umumnya ikan. Tahap ketiga adalah pembuatan kuah Lakso.

Lakso Bangka

Lakso (Laksa) Bangka Belitung

Secara keseluruhan hanya terlihat Lakso (Laksa) saja. Untuk memperjelas BUKJAM uraikan dalam 3 Langkah Pembuatan. Tahap Pertama, Pembuatan Adonan Lakso (Laksa), 1/3 bagian tepung beras dimasak dengan air panas hingga mengental, kemudian dicampukan dengan tepung sagu dan tepung beras sisanya. Kemudian dibaurkan hingga cukup padat untuk dicetak. Hasil cetakan harus direbus hingga matang.  Tahap Kedua, Pembuatan daging Lakso (Laksa), Ikan tenggiri di ambil dagingnya, dikukus hingga matang, kemudian dicacah sesuai dengan kebutuhan. Tahap Ketiga, Pembuatan kuah Lakso (Laksa), siapkan bumbu dan rempah yang sudah dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian masukan Langkuas, Serai, Kunyit, Kemiri, Bawang Merah dan Cabe ke dalam santan lalu dimasak hingga matang. Sebelum kuah matang masukan ikan yang sudah dicacah tadi. Maka jadilah Kuah Lakso (Laksa) Bangka yang sempurna. Ketika anda ingin makan Lakso tersebut, ambil Lakso yang sudah dicetak, masukan kedalam Mangkok, kemudian sirami dengan kuah yang sedang panas-panasnya, wuiih sedapnya..dijamin pasti nambah. SATU LAGI!!! Pesan BUKJAM Jangan lupa harus makan pakai sumpit (Khuai Thiauw) persis mengikuti ritual makan MIAN面 (mie). Rasanya akan beda. Terus tambah kemplang atau emping lebih enak lagi…ooiii Ho Sit Ooo…

Informasi Bangka Belitung : info@bukjam.com ;
Twitter Bangka Belitung Indonesia : http://www.twitter.com/BUKJAM ;
Facebook Bangka Belitung : http://www.facebook.com/BUKJAM ;
Blog Bangka Belitung : http://bukjam.wordpress.com ;
FORUM Bangka Belitung : http://www.bukjam.com ;


About these ads

Responses

  1. hmmmmmmm…gile bedepor pasti ne rase e…la lame mua dak de ngerase lakse ne….

  2. Kami berencana mengadakan tour ke Bangka , mau tanya dimana tempat makan lakso maksud saya alamatnya atau nama restorannya.

  3. kalo dijakarta hi nabui mai lakso sinmung


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: