Posted by: bukjam | November 1, 2010

Dialek dan Bahasa Orang Bangka Belitung

Kemplang dan Kerupuk Bangka 邦加食品 ; Hakka Bangka Shao Zhu 燒豬客家邦加印尼 ; Hakka Bangka Cake Bong Li Piang 黄梨餅客家邦加印尼 ;   Hakka Mian in Bangka Indonesia 麵客家邦加 ; Lo Fu Pan 老虎粄 ; Thew Fu Fa豆腐花 ; LAKSO 邦加麵 ; Archipelago Bangka Belitung Tourism 印尼邦加勿里洞旅行 ; Hotel List in Bangka Belitung印尼邦加勿里洞旅馆 ;  Bangka Belitung Island Information Summary 信息邦加勿里洞客家印度尼西亚; Peta Bangka Belitung (Map) 邦加勿里洞地图 ; SEJARAH TIONGHOA BANGKA BELITUNG 客家邦加勿里洞历史;  Hakka Bangka LUNG  The Longest New Year Dragon in Indonesia邦加過年龍 ; Hakka Indonesia Convention Bangka 2010 印尼客家大会邦加; Hakka Bangka Belitung Clan Family Name 客家邦加勿里洞家姓; Ng Ngiat Ciat五月节; History of Bangka 客家邦加历史; Asal Mula Nama Pulau Bangka 邦加岛历史;

Dialek dan Bahasa Orang Bangka Belitung

gedung sumpah pemuda Jakarta Indonesia

Gedung Sumpah Pemuda Jakarta Indonesia, Jalan kramat Raya no 106

Menyambut peringatan ke-82 Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2010, salah satu isi penting adalah “Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”. Pada waktu sumpah pemuda diucapkan, belum ada Negara Indonesia. Indonesia belum lahir. Bahasa menjadi alat pemersatu bangsa. Peran Orang Tionghoa tidaklah sedikit, tempat dimana Sumpah Pemuda dibacakan adalah di Indonesische Clubgebouw dimiliki Hie Kong Liong許光良 di Jalan Kramat Raya no. 106, sekarang menjadi Gedung Sumpah Pemuda. Karena jiwa nasionalis sejati Hie Kong Liong許光良 menghibahkan Gedung Sumpah Pemuda Cuma-Cuma kepada pemerintahan Soekarno ( Bung Karno ). Di Bangka Belitung pun memiliki bahasa persatuan, di kalangan Thong Ngin ( Orang Tionghoa ) menggunakan Bahasa Tionghoa Dialek Hakka , di kalangan Orang Melayu, Jawa, Madura, Bugis, Palembang, dan seterusnya, menggunakan Bahasa Melayu Bangka atau Bahasa Melayu Belitung.

Dialek dan bahasa Orang Bangka Belitung unik dan khasBahasa Orang Bangka Belitung dalam rumpun Bahasa Melayu. Dialek Orang Bangka Belitung tidaklah seragam. Ada yang serupa dengan dialek Melayu Palembang, Ada pula yang serupa dengan dialek Melayu Riau, ada pula yang berbeda dari kedua-duanya. Disinilah BUKJAM melihat letak keunikan dialek Orang Bangka Belitung. Sebagai contoh : kata “apa” dalam Bahasa Indonesia, ada yang mengucapnya “apè”, e pepet, seperti dalam kata “perut”,”beruang”,”besar”, seperti kata “apè” yang diucapkan oleh Orang Melayu Riau. Ada yang mengucapnya “apo”, seperti diucapkan oleh Orang Melayu Palembang. Ada yang mengucapnya “apé”, e taling, seperti dalam kata “raden”,”aneh”,”kaget”, seperti kata “apé” yang diucapkan oleh orang betawi. Walaupun berbicara dalam dialek yang berbeda-beda, Orang Bangka Belitung dapat mengerti dengan seketika apa yang diucapkan rekan dalam dialek lain.

Hal yang menarik dalam dialek dan bahasa Orang Bangka Belitung adalah bahwa diserapnya Bahasa Melayu tersebut oleh Orang Tionghoa Bangka Belitung. Proses penyerapan Bahasa Melayu kedalam kehidupan sehari-hari Orang Tionghoa Bangka Belitung telah mulai ratusan tahun yang lalu, secara turun temurun dan dari generasi ke generasi. Mayoritas suku tionghoa di pulau Bangka dan pulau Belitung adalah SukuHakka” atau dikenal juga dengan SukuKhek”. Orang Suku khek ini berasal dari Tiongkok bagian selatan. Awalnya mereka datang sebagai pekerja tambang  timah pada awak abad ke-17. Penambang timah Suku Hakka tersebut bekerja sama dan berbagi hasil dengan Sultan Palembang. Hingga akhirnya mereka menetap dan menjadi Thong Ngin ( Tionghoa ) Bangka Belitung sekarang ini. Di masa-masa awal kedatangan mereka, bahasa pergaulan sehari-hari adalah bahasa khek, mereka sebut THONG BOI atau HAK FA.

Didalam perjalanan waktu, generasi yang kemudian menguasai Bahasa Melayu namun didalam pergaulan sesamanya tetap menggunakan Bahasa Khek atau THONG BOI atau HAK FA. Mereka mampu dan fasih berbahasa melayu dengan Orang Suku Melayu sekitarnya. Sekarang ini, keadaan menjadi berubah, di daerah-daerah tertentu, terutama di daerah Pangkal Pinang ( PINKONG ), generasi muda tidak lagi menguasai THONG BOI atau HAK FA. Paling tidak, mereka mengerti beberapa istilah penting atau istilah umum. Lalu apa bahasa mereka sehari-hari? Tentu anda bisa menebak, yakni bahasa campuran antara Melayu dan Hakka ( Khek ).  Inilah BUKJAM sebut Bahasa dan Dialek Orang Bangka Belitung itu KHAS. Artinya, Bahasa dan Dialek Orang Bangka Belitung memiliki pengayaan dari keanekaragaman yang tercipta didalam proses sejarah yang dikehendaki TUHAN. Mudah-mudah anda mengerti istilah yang BUKJAM gunakan ini.

Lalu apa faedahnya setelah mengetahui bahwa Bahasa dan Dialek Orang Bangka Belitung itu unik dan khas??? Pertama, bagi Orang Bangka Belitung jangan malu menggunakan bahasa daerahnya dimanapun mereka berada baik dialek Melayu maupun dalam dialek Khek ( Hakka ). Kedua, perdalam dialek Melayu atau dialek Hakka ( khek ) tersebut, dimana semakin jarang pula terdengar orang berbicara dialek Hakka ( khek ) yang disebut THONG BOI atau HAK FA , secara fasih dan halus. Di China ( Tiongkok ) dan Taiwan, THONG BOI atau HAK FA menjadi dialek yang wajib lestari. Ketiga, ingat Bahasa Bangka Belitung baik dialek Hakka maupun dialek Melayu merupakan Bahasa Persatuan. Perluas pergaulan, persahabatan, pertemanan melalui bahasa, dialek yang kita kuasai. Demikian 3 pesan singkat BUKJAM bagi semua orang yang menggunakan bahasa atau dialek Bangka Belitung.

information Bangka Belitung Indonesia : info@bukjam.com
Forum Bangka Belitung
: http://www.BUKJAM.com
Twitter Bangka Belitung Indonesia : http://www.twitter.com/BUKJAM
Facebook Bangka Belitung, http://www.facebook.com/BUKJAM


Responses

  1. Bangkak ngin oi kong chit ka Fa cang Ho..
    Thong Boi oi sang cang ho!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: