Posted by: bukjam | September 22, 2009

hakka (khek) Bangka Belitung Indonesia – Chinese Family Name

Bangka Belitung Island Information Summary 信息邦加勿里洞客家印度尼西亚; Hakka Bangka Shao Zhu 燒豬客家邦加印尼 ; Hakka Bangka Cake Bong Li Piang 黄梨餅客家邦加印尼 ; Archipelago Bangka Belitung Tourism 印尼邦加勿里洞旅行 ; History of Hakka Bangka Belitung 客家邦加勿里洞历史 ; Hakka Mian in Bangka Indonesia 麵客家邦加 ; Lo Fu Pan 老虎粄 ; Hok Lo Pan ( History of  Martabak Bangka) 福佬粄; Thew Fu Fa豆腐花 ; Hakka Bangka LUNG  The Longest New Year Dragon in Indonesia邦加過年龍 ; Hakka Indonesia Convention Bangka 2010 印尼客家大会邦加; Bangka Belitung Map 地图邦加勿里洞; History of Hakka Bangka Belitung in Tin Mining 客家錫采矿邦加勿里洞历史 ; Etymology Hakka Bangka Belitung 语源客家邦加; Data Statistik Orang Bangka Belitung 邦加勿里洞人的数据


hakka (khek) Bangka Belitung IndonesiaChinese Family Name 邦加勿里洞 印尼客家家姓

Nama-nama marga adalah sebagian, yang umum dan sering didengar di Bangka Belitung, Indonesia !
These family names are commonly and frequently heard in Bangka Belitung, Indonesia!

  • Seharusnya baca nama-nama marga ini dalam Bahasa Indonesia
    Should spell these family names  in  Indonesia Language
  • Karakter mandarin yang dipergunakan adalah karakter  yang baru
    The mandarin characters used are in a modern style

Bong  黄 (Pinyin : Huang), contoh : Bong Yung Sen

Bong  王 (Pinyin : Wang), contoh : Bong Min Kong

Bun 温 (Pinyin : Wen), contoh : Bun Siong Ngiat

Cen 曾 (Pinyin : Zeng), contoh : Cen Khian Sam

Cew 周 (Pinyin : Zhou), contoh : Cew Ai Ni

Chai 蔡 (Pinyin : Cai), contoh : Chai A Pian

Chin  陈 (Pinyin : Chen), contoh : Chin A Jok

Chia 谢  (Pinyin : Xie), contoh : Chia Kim Bun

Cong 张  (Pinyin : Zhang), contoh : Cong Mi Mi

Cung 钟 (Pinyin : Zhong), contoh : Cung A Thiam

Cu 朱 (Pinyin : Zhu), contoh : Cu Kim Khian

Fong 方 (Pinyin : Fang), contoh : Fong Kong Bu

Hew 侯 (Pinyin : Hou), contoh : Hew Ko Sui

Hie 许 (Pinyin : Xu), contoh : Hie Jat San

Ho 何 (Pinyin : He), contoh : Ho Men Ji

Jap 叶 (Pinyin : Ye), contoh : Jap Tiam Hin

Jauw 姚 (Pinyin : Yao), contoh : Jauw Sak Fo

Jong 杨 (Pinyin : Yang), contoh : Jong A Na

Kok 郭 (Pinyin : Guo), contoh : Kok Liong

Ku 顾 (Pinyin : Gu), contoh : Ku Jan Fa

Lai 赖 (Pinyin : Lai), contoh : Lai Jit Siong

Li 李 (Pinyin : Li), contoh : Li Hian Siong

Liaw 廖 (Pinyin : Liao), contoh : Liaw A Lim

Lim 林 (Pinyin : Lim), contoh : Lim Cau Tet

Liu 刘 (Pinyin : Liu), contoh : Liu A Hak

Lo 罗 (Pinyin : Luo), contoh : Lo Kui Nam

Lung 龙 (Pinyin : Lung), contoh : Lung Jun Choi

Ng 吴 (Pinyin : Wu), contoh : Ng Fat

Sung 宋 (Pinyin : Song), contoh : Sung Mei Ling

Then 邓 (Pinyin : Deng), contoh : Then Li Cu

Tai 戴 (Pinyin : Dai), contoh : Tai Nam Cun

Thong 唐 (Pinyin : Tang), contoh :  Thong Jin Li

Hakka  in Indonesia 信息印度尼西亚客家 : info@bukjam.com

hakka (khek) Bangka Belitung IndonesiaChinese Family Name 邦加勿里洞 印尼客家家姓

Informasi Bangka Belitung : Info@bukjam.com , Twitter  Bangka Belitung : http://www.TWITTER.com/BUKJAM , Facebook  Bangka Belitung : http://www.FACEBOOK.com/BUKJAM , Forum Bangka Belitung : http://www.bukjam.com

Thank you for participating in this polling!


Responses

  1. kakek itu dulu punya dibangka tpi sekarang gak pernah ketemu namanya liu kim hwa, liu tat lee,truz kakek saya itu namanya liu kim on mungkin ada yg tau atau keturnan mereka ayah saya namanya liu djoen tat,klo memang ya tlong krm e-mail ke saya….

    • Salam Kenal Aries, kalo boleh tahu saudara Akung Aries Liu Kim Hwa itu di Bangka daerah mana? pinkong (pangkal pinang), liatkong (sungailiat), mentok atau daerah lainnya?apa masih hidup? jika sudah almarhum, kapan kira2 beliau hidup? BUKJAM . Bila dirasa perlu bisa melanjutkan ke bukjam@gmail.com

  2. khiw kalo boleh tahu marga phang itu zhongwen mingzi nya apa ya? soalnya akung angkat dari mama saya itu marganya phang dan dia asli orang yue (guangzhou),jadi saya kurang tahu phang itu penyebutan marga bagi orang yue ap orang kejia.
    thx..

  3. khiw,saya mau tanya juga ada ngak catatan sejarah tentang marga kok 郭 di bangka,khususnya yang menjadi kapitan atau pegawai2 belanda.soalnya dulu kata akung saya,athai saya itu pernah jadi luran di daerah con jau (pangkalbalam)
    thx..

    • Halo Ricky, mengenai informasi ini bukjam belum mendapat kebenarannya. BUKJAM membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai nama lengkap dan kapan beliau hidup di conjau. Sebutan orang conjau zaman itu Thamkong Thew. salam, bukjam

  4. __________________Ide Bagoes………SEmangAT….!!!

  5. Weh marga ku dak masuk ya?.
    Marga Sung..!!

  6. Ok, sinmung bro..!!!

  7. yah,,,, siang ku kok dak masuk ok,, masukin dong, siang ku “lian”.

    • auk bob, siang (marga) ka jitha agik masuk. Biar makin lengkap. sinmung

  8. hi…..nama saya harry wen,
    ngai juga keturunan khek kelahiran bangka thn 1965,namun sudah merantau di australia sejak thn 1983 sampai sekarang, nama athai saya Bun Men Sun bersama 8 adik laki2nya + adik 1 perempuan tinggal di Fat Hin parit padang,sungailiat sekitar thn 1850 – 1930,
    saya sekarang sedang mencari saudara yg mungkin ada juga yg lain yg menetap di australia (perth WA),kalaupun seandainya tidak ada, mungkin2 ada yg kenal atau masih keturunan marga bun (wen) yg mau berbagi informasi , silahkan hubungi email saya: harrywen@msn.com
    sinmung…….”

    • Hi Harry, senang mendengar orang Bangka yang masih ingat keluarga besar. Kalo ada facebook bisa ikut juga group sejarah Thong Ngin Bangka Belitung di http://www.facebook.com/sejarah.tionghoa.indonesia.bangka.belitung , mungkin bisa membantu sebagai sumber informasi. sinmung, BUKJAM

    • Sebelumnya Thanks to bukjam dulu, Hi Harry, kebetulan aku juga marga Wen ( Boen / Oen ) di Bangka. Beberapa tahun lalu aku mulai melakukan penelusuran akan Marga Boen di Bangka. Suatu saat aku mendapatkan buku yang ditulis oleh Boen Kin Liang yang menetap di Kanada, didalam Buku tersebut tertulis silsilah marga Boen dengan variabel keturunannya, kalo Athai ka Boen Men Sun, maka saudara saudaranya adalah Boen Men On, Boen Men Khian, Boen Men Chong, Boen Men Kwet, Boen Men Kho dll anak anak mereka yang mungkin adalah Kakek kamu atau saudara saudaranya adalah Boen Kin Sui, Boen Kin Po, Boen Kin Chiung, Boen Kin Tet, Boen Kin To ( Tony Wen penulis pidato Presiden di jaman Soekarno yang terkenal itu ) Boen kin Phan, Boen Kin Kap, Boen Kin Lin dan lain Lain, biasanya anak anak mereka atau selevel dengan Papa kamu bernama Boen Tian ….. lalu kamu yang laki laki seharusnya bernama Boen …….Fap, anak kamu seharusnya yang laki laki bernama Boen Bui….., Nenek moyang kamu pertama datang ke Bangka sekitar tahun 1770… namanya Boen Fu Phing, aku masih punya silsialah 32 diatasnya. jika merasa tertarik dengan sejarah leluhurnya, Harry bisa hub aku. Salam Rudi Boen

  9. sinmung Bukjam.
    ngai juga mau berbagi informasi buat akiew2 n ajie2 thongin bangka belitung yg berniat untk ikut bergabung kerja di pertambangan western australia, ngai saat ini kerja di
    citic pacific mining Sino iron project, satunya2 perusahaan pertambangan China yg ber explorasi di australia,
    http://www.citicpacificmining.com
    buat kalian yg tidak fasih dlm berbahasa inggris,bisa juga melamar pekerjaan dng memakai bahasa mandarin.
    ini adalah perusahaan dng modal sebesar $ 5 triyun AUD dng masa kontrak selama 25 tahun kedepan.
    selamat bergabung………!

  10. Senang sekali bisa bergabung di komunitas ini, salam kenal bukjam, ngai siang tjong, ngai miang kong lie, thx

    • Halo Kong Lie, senang bisa kenal. sinmung

  11. ko siang ku dak d ya? Phoeng(phung) pinyin:feng…

    • Halo Hendri, segera ditambah..

  12. khiu, mau tanya margaku thong. cina muntok-bangka, kakekku namanya thong a loi, kira2 asal usulnya di cina dari mana yah tepatnya? sama kalo dari marga mamaku bong, nama kakekku bong pit tjung (pangkal pinang-bangka). bisa bantu khiu untuk tahu kedua asal usul kotanya di cina sana?
    sinmung toto.

    • Halo Tommy, Marga Thong Muntok dan Marga Bong Pinkong kemungkinan sangat besar dari Moiyan ( Meixian ). Moiyan adalah salah satu kabupaten di propinsi KongTung ( Guangdong ) , bagian selatan RRC. Ini salah satu kabupaten orang Khek (Hakka) di RRC. Karena masih ada banyak kabupaten lainnya lagi. Orang Khek (Hakka) hidup tersebar di di seluruh daratan Tiongkok Bagian Selatan, Tenggara dan Tengah. Ibukota Kabupaten Moiyan, namanya MoiCiu (Meizhou). Sebagian besar orang Hakka di Indonesia dan Malaysia berasal dari sini. Tetapi ada kemungkinan juga dari Thaipu, FuiCiu atau daerah lainnya di Propinsi Guangdong. Atau ada kemungkinan juga Hakka dari Hoinam (Pulau Hainan), atau dari Propinsi Guangxi (Kongsi).

  13. Halo editor Bukjam,

    Nama saya Vera Segoh(Ng Chun Li), lahir di Pangkal Pinang, Bangka, besar di Surabaya, sekarang tinggal di Sydney. Saya sedang menelusuri asal usul keluarga saya, biar anak saya tahu latar belakang keluarganya kalau dia berminat nantinya. Melalui informasi di internet saya menemukan website di geocities seperti yang ditulis oleh Harry Wen and Rudy Boen. Pho pho saya dari pihak papa, bernama Oen Tjin Nio adalah anak dari Oen Kheng Boen dari istrinya yang entah keberapa, bahkan kuku saya, satu-satunya yang masih hidup dari saudara-saudara papa saya tidak ingat nama neneknya. Yang sekarang sedang saya telusuri adalah Athai saya dari pihak mama, yang bernama Bong Lian Fa. Semasih hidup dia tinggal di Pohin. Dia menikah 4 kali, pho pho saya bernama Bong Sam Nyong, lahir dari istri kedua yang meninggal saat melahirkan. Kalau ada yang mengenali nama tersebut atau mungkin berbagi silsilah keluarga dengan saya, saya akan sangat gembira. Terima kasih Editor Bukjam.

    Salam,

    Vera Segoh/Ng

    • Apakah yang dimaksud adalah “Oen Kheng Bu”? asal pangkal pinang (pinkong).
      Yang ingin anda ketahui tentang keluarga Bong Lian Fa, bukan?

      salam,
      BUKJAM

      • Halo,

        Terima kasih atas responnya. Oen Kheng Boe adalah adik dari athai (paternal maternal great grandfather) saya, Oen Kheng Boen. Betul, yang ingin saya ketahui sekarang adalah athai saya (maternal maternal great grandfather ) bernama Bong Lian Fa, Pohin, Bangka.

        Terima kasih sebelumnya.

        Salam,

        Vera Segoh

      • Hallo. Ngai siang tjhie 徐 (pin yin : xu ) usul keluarga dari desa lumut, belinyu. Ngai kung namanya tjhie tet dji. Ngai kung thai yg asal dari cung kwet tapi gak tahu daerah mana. Apa bukjam ada data ttg family tjhie 徐? Sim mung

      • Halo Men Khiong,
        Marga Tjhie bagian dari 100 marga terpopuler di Tiongkok.
        salam, BUKJAM

  14. Marga Saya Ha, bisa tau huruf asli mandarinnya ? tolong diinfo , terimakasih

    • Halo Kin Sun,
      Tulisan marga Ha “夏” , dalam mandarin disebut “Xia” . Selain nama marga , maknanya bisa juga berarti musim panas. Marga Ha ini diduga berasal dari Dinasti Ha (Xia) 2070 SM – 1600 SM.
      salam,BUKJAM


Leave a Reply

Categories

