Posted by: bukjam | December 22, 2009

Oleh-oleh khas Bangka Belitung – Lempok

Kemplang dan Kerupuk Bangka

Makanan Khas Hakka (Khek) Bangka

Twitter Bangka Belitung  http://www.twitter.com/Bukjam
Facebook Bangka Belitung  http://www.facebook.com/bukjam

Oleh-oleh khas Bangka BelitungLempok

Oleh-oleh khas Bangka Belitung (Babel) beraneka ragam. BUKJAM mencatat paling sedikit ada 20 jenis. Masing-masing Oleh-oleh khas Bangka Belitung (Babel) memiliki cita rasa tersendiri. Lempok adalah salah satunya. Lempok merupakan makanan asli Melayu, dalam hal ini khususnya Melayu bangka. Awalnya Melayu Bangka memakai teknik pengawetan atas banyaknya hasil cempedak saat panen. Karena apabila cempedak yang banyak jika tidak diawetkan akan membusuk dan terbuang percuma. Melalui proses pengawetan tersebut lahirlah Lempok Cempedak yang populer di Bangka Belitung (Babel) hingga kini.

Lempok Cempedak ini adalah Oleh-oleh khas Bangka Belitung (Babel) yang tergantung musim. Musim cempedak umumnya mulai dari kwartal 4. Lempuk Cempedak yang memiliki kualitas tertinggi, rasanya manis menyengat, harum cempedak, kulit luar lempok lunak kering agak keputih-putihan, bagian dalamnya lembut berwarna kuning.  Enak dan gurih.Lempok sangatlah sesuai menjadi teman anda minum kopi atau teh. Menurut Pantauan BUKJAM, produk-produk Lempok Cempedak diproduksi oleh industri rumahan, kemudian dipasarkan ke toko-toko oleh-oleh, pasar tradisional atau dititipkan ke restoran atau tempat strategis lainnya.

Peringatan BUKJAM ! Bagi yang memiliki kadar gula darah berlebih, harap memikirkan untuk makan lempok. Dahulu Lempok Cempedak ini dibungkus dengan kertas roti dalam bentuk balok-balok kecil. 250gram per balok.Untuk memakannya harus diiris.Dewasa ini , Lempok Cempedak dibungkus dalam kertas roti. 1 bungkus beratnya +/- 15gram.  Dikemas plastik per 1/2kG seharga Rp20.000/bungkus. Lihat gambar dibawah ini. Di Pangkal Pinang (Pinkong), bangka,  Lempok Cempedak dapat dibeli di daerah kampung katak dan terusannya, di toko-toko oleh-oleh seperti toko kartini, Agung, LCK dan lain-lain..Selamat Beli Lempok Cempedak khas Bangka Belitung..An Ho Sit wo..

Oleh-oleh khas Bangka BelitungLempok


Lempuk oleh-oleh khas bangka bukjam

Lempuk oleh-oleh khas bangka bukjam

information Bangka Belitung Indonesia : info@bukjam.com . Forum Bangka Belitung : http://www.BUKJAM.com . Twitter Bangka Belitung Indonesia : http://www.twitter.com/BUKJAM. Facebook Bangka Belitung http://www.facebook.com/BUKJAM


Responses

  1. d makan biasa tuch

    gmn rasa nya iia
    ko aneh gtu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: