Posted by: bukjam | March 1, 2010

Makanan Khas Bangka Belitung – Sambalingkung (Semblingkung)

Oleh-oleh khas Bangka Belitung -Lempok ; Makanan khas bangka belitung ; Oleh-oleh Khas Bangka Belitung-Kemplang&Kerupuk Objek Wisata Bangka Belitung ; Daftar Makanan Khas Bangka Belitung ; LO FU PAN Kue khas Bangka Belitung

Join Facebook : Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka BelitungSambalingkung (Semblingkung)

Sambalingkung atau semblingkung adalah makanan khas bangka belitung yang berasal dari ikan. Sambalingkung atau semblingkung ini dapat pula disebut ABON IKAN BANGKA. Pulau Bangka dan Palau Belitung dikelilingi oleh laut, tepatnya dikelilingi oleh perairan, ada Selat Karimata, Selat Gaspar, Selat Bangka bahkan berbatasan langsung dengan Laut china Selatan. Kondisi geografis inilah yang membuat Pulau Bangka dan Palau Belitung kaya akan hasil laut. Klik ini Lihat peta . Bahkan ada suatu suku di Bangka Belitung (Babel) yang hanya hidup di perairan dan  jarang menginjak darat , namanya Suku Sekak atau Suku Anak Laut. BUKJAM akan menulis mengenai Suku Sekak ini secara khusus. Sambalingkung atau semblingkung adalah makanan asli orang Bangka Belitung (Babel). Bisa dikatakan makanan Melayu Bangka Belitung. Sejarahnya, Sambalingkung dibuat agar hasil tangkapan ikan yang melimpah tidak terbuang percuma, yakni dengan cara mengolah ikan-ikan tangkapan tersebut menjadi makanan yang tahan lama, awet serta lezat. Dengan kreatifitas Melayu Bangka Belitung maka terciptalah Sambalingkung atau semblingkung , makanan khas bangka belitung itu.

Semblingkung Bangka Abon Ikan

Semblingkung Bangka Abon Ikan

Resep membuat semblingkung sederhana saja. Bahan-bahannya pun tidak susah ditemui. Bahan dasarnya adalah ikan dan santan kelapa. Kedua bahan utama ini terdapat diberbagai sudut Pulau bangka Belitung. Resep membuat semblingkung ini dibagikan kepada Tionghoa Bangka Belitung, sehingga Tionghoa Bangka Belitung mampu membuat juga. Semblingkung dapat dibuat dari berbagai ikan.  Kabanyakan dari ikan tenggiri. Sambalingkung atau semblingkung di luar Bangka Belitung (Babel) dinamakan ABON IKAN BANGKA. Jika anda bandingkan dengan Abon Ikan lainnya, maka ada perbedaan dari segi cita rasa. Pertama, lebih harum dan kedua, lebih gurih.

Sambalingkung atau ABON IKAN BANGKA, makanan khas bangka belitung ini, sebenarnya adalah makanan rumahan yang tidak diperdagangkan, namun sekarang menjadi bagian dari oleh-oleh khas bangka belitung. Sehingga setiap wisatawan berkunjung ke Bangka Belitung (Babel) bisa membawanya pulang.  oleh-oleh khas bangka belitung dapat dibeli di toko-toko oleh-oleh manapun, di Pangkal Pinang, Bangka, bisa dibeli di daerah kampung katak, ada toko kartini, LCK, jauh sedikit ada toko agung dan toko-toko lainnya.  Selain di toko-toko, dapat pula dibeli di pasar tradisional.Harga per ½ KG sekitar Rp30.000,- . ABON IKAN BANGKA ini bisa dimakan dengan nasi ataupun roti. Terbuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet. Bila tidak dimakan harus dimasukan ke dalam kulkas, jika tidak maka akan lapuk. Apabila anda berkunjung ke Bangka Belitung (Babel) silahkan membeli oleh-oleh khas bangka belitung yang satu ini. Dijamin tidak rugi dan pasti akan kembali lagi. An ho sit woo…Makanan Khas Bangka BelitungSambalingkung (Semblingkung)

Informasi Makanan Bangka Belitung : Info@bukjam.com , Twitter Makanan Bangka Belitung : http://www.TWITTER.com/BUKJAM , Facebook Makanan Bangka Belitung : http://www.FACEBOOK.com/BUKJAM , Forum Bangka Belitung : http://www.bukjam.com

Sambalingkung atau semblingkung adalah makanan khas bangka belitung yang berasal dari ikan. Sambalingkung atau semblingkung ini dapat pula disebut ABON IKAN BANGKA. Pulau Bangka dan Palau Belitung dikelilingi oleh laut, tepatnya dikelilingi oleh perairan, ada Selat Karimata, Selat Gaspar, Selat Bangka bahkan berbatasan langsung dengan Laut china Selatan. Kondisi geografis inilah yang membuat Pulau Bangka dan Palau Belitung kaya akan hasil laut. Klik ini Lihat peta . Bahkan ada suatu suku di Bangka Belitung (Babel) yang hanya hidup di perairan dan  jarang menginjak darat , namanya Suku Sekak atau Suku Anak Laut. BUKJAM akan menulis mengenai Suku Sekak ini secara khusus. Sambalingkung atau semblingkung adalah makanan asli orang Bangka Belitung (Babel). Bisa dikatakan makanan Melayu Bangka Belitung. Sejarahnya, Sambalingkung dibuat agar hasil tangkapan ikan yang melimpah tidak terbuang percuma, yakni dengan cara mengolah ikan-ikan tangkapan tersebut menjadi makanan yang tahan lama, awet serta lezat. Dengan kreatifitas Melayu Bangka Belitung maka terciptalah Sambalingkung atau semblingkung , makanan khas bangka belitung itu.Resep membuat semblingkung sederhana saja. Bahan-bahannya pun tidak susah ditemui. Bahan dasarnya adalah ikan dan santan kelapa. Kedua bahan utama ini terdapat diberbagai sudut Pulau bangka Belitung. Resep membuat semblingkung ini dibagikan kepada Tionghoa Bangka Belitung, sehingga Tionghoa Bangka Belitung mampu membuat juga. Semblingkung dapat dibuat dari berbagai ikan.  Kabanyakan dari ikan tenggiri. Sambalingkung atau semblingkung di luar Bangka Belitung (Babel) dinamakan ABON IKAN BANGKA. Jika anda bandingkan dengan Abon Ikan lainnya, maka ada perbedaan dari segi cita rasa. Pertama, lebih harum dan kedua, lebih gurih.


Responses

  1. Dear Mr.Bukjam,

    Di daerah JAKARTA BARAT Sambalingkung ini bisa dibeli di mana?

    • Dear nana, di daerah jakbar bisa diperoleh di pasar kopro, tanjung duren. pasar grogol, jelambar, muara karang, dll.

  2. Ya enak tu… Sama kue lapis legit..ama kemplang juga enak… W pernah direcomend ama temen w ke sungailiat . Katana ada tempat yang enak khusus kue na…. And banyak yg datang pesen… Dari luar kaya bandung…. Pas w kesono ternyata bener… Murah and enak….and w minta no hp d sama orangna biar bisa order jarak jauh. Namana ibu alan acun hpna 085758867855.semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: