Posted by: bukjam | September 9, 2010

ORANG BANGKA BELITUNG dan KETUPAT LEBARAN

Informasi Singkat Pulau Bangka Belitung ; Peta Bangka Belitung Indonesia ; Asal-Usul Nama Pulau Bangka ; Hok Lo Pan ; Kue Khas Hakka Bangka Belitung – Bong Li Piang ; Lo Fu Pan ; Thew Fu Fa ; Ngiong Thew Fu ; Choy Pan ; Mian Bangka; Lempah ; Lempok ; Pempek Bangka ; LAKSO ; KEMPLANG; semblingkungDaftar Makanan KHAS Bangka Belitung

Orang Bangka Belitung dan Ketupat Lebaran

Saat lebaran hampir tiap-tiap rumah di Bangka Belitung membuat dan menyajikan ketupat. Tidak hanya yang muslim, yang non-muslim pun demikian. Secara tidak langsung Ketupat menjadi makanan Khas Lebaran di bangka Belitung. Ketupat adalah merupakan makanan asli asal Indonesia. Ketupat tidak diketemukan di negara-negara lain kecuali ada orang Indonesia di sana atau nenek moyangnya berasal dari Indonesia, seperti orang Jawa dan Melayu di Malaysia, Singapura, Suriname, Belanda. Menurut BUKJAM Makanan ini sangat unik. Mengapa? Pertama, Beras yang dibungkus dengan daun kelapa direbus hingga menjadi nasi. Kedua, disajikan dan dimakan dengan kuah santan. Ketiga, bentuk anyaman sarung ketupat yang khas bentuk jajaran genjang.

Mengapa berbungkus daun kelapa? Hal ini merupakan tradisi masyarakat pesisir. Mereka hidup dengan memanfaatkan hasil dari pohon kelapa. Bukan hanya daun saja, ada banyak bagian pohon kelapa yang dimakan atau dimanfaatkan, seperti santan, umbut, lidi. Fakta berikutnya adalah bahwa daun kelapa yang direbus tersebut tidak bereaksi terhadap beras maupun air, maksudnya tidak menimbulkan bau tak sedap, warna gelap, dan sebagainya. Malah memberikan aroma khas tersendiri. Kalo anda suka makan ketupat pasti tahu hal ini.

Ketupat Lebaran

Ketupat Lebaran Orang Bangka Belitung

Mengapa disajikan atau dimakan dengan kuah santan? Karena ini merupakan jodohnya. Ketupat tanpa kuah santan ibarat motor tanpa roda. Kuah Santan Ketupat umumnya berisi sayuran, seperti wortel, labu, mangkuang, kemudian ditambahkan juga daging sapi atau ayam supaya lebih sedap. Namun tanpa daging pun rasanya sudah enak. Kuah santan tersebut bisa dipanasi berulang-ulang sehingga bisa dimakan berhari-hari selama ketupat tersedia. Jika anda penggemar ketupat pasti anda suka ini.

Mengapa bentuk jajaran genjang? Jika pernah mengikuti kelas Model Geometri Fisik maka bentuk ketupat adalah bentuk yang paling efisien untuk anyaman 2 helai daun. Bentuk ini juga mengingatkan kita pada bentuk intan. Anyaman Sarung Ketupat dibuat dengan teknik tersendiri, salah anyaman maka sarung itu akan bocor dan otomatis ketupat batal dimakan. Oleh karena itu, haruslah terampil menganyam sebelum membuat. Jika anda pembuat ketupat tahu benar hal itu.

Merunut kepada beberapa fakta diatas, kita bisa melihat bahwa awalnya para pembuat ketupat tersebut berasal dari daerah pesisir. Karena di daerah pantai seperti di Pulau Bangka dan Pulau Belitung, pohon kelapa tumbuh rimbun dan dimanfaatkan maksimal. Kini ketupat sudah tersebar luas dan dinikmati oleh banyak orang di berbagai negara di dunia. BUKJAM pun menikmatinya, terutama saat hari raya lebaran paket Ketupat lengkap dengan rendang, sate, kacang teri, sambal asam, semblingkung, kemplang, kerupuk dan lain-lainnya. wooiii, nyamen nian…

Informasi Bangka Belitung : info@bukjam.com ;
Twitter Bangka Belitung Indonesia : http://www.twitter.com/BUKJAM ;
Facebook Bangka Belitung : http://www.facebook.com/BUKJAM ;
Blog Bangka Belitung : https://bukjam.wordpress.com ;
FORUM Bangka Belitung : http://www.bukjam.com ;



Responses

  1. mknan bangka memang enak…tiada tandingx….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: