Posted by: bukjam | February 9, 2013

Peran Orang Tionghoa Bangka Belitung bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia

More Articles ::: Hakka Bangka Shao Zhu 燒豬客家邦加印尼 ; Hakka Bangka Cake Bong Li Piang 黄梨餅客家邦加印尼 ; Archipelago Bangka Belitung Tourism 印尼邦加勿里洞旅行 ; History of Hakka Bangka Belitung in Tin Mining 客家錫采矿邦加勿里洞历史 ; Hakka Mian in Bangka Indonesia 麵客家邦加 ; Lo Fu Pan 老虎粄 ; ThiamPan 甜粄 ; Hok Lo Pan ( History of  Martabak Bangka) 福佬粄; Theuw Fu Fa豆腐花 ; Ngiong Theuwfu酿豆腐 ; Hakka Bangka LUNG  The Longest New Year Dragon in Indonesia邦加過年龍 ; Hakka Indonesia Convention Bangka 2010 印尼客家大会邦加; Hakka Bangka Belitung Clan FamilyName 客家勿里洞勿里洞家姓;  Bangka Belitung Map 地图邦加勿里洞; Hotel di Bangka Belitung邦加勿里洞旅馆; The History of Bangka Island 邦加岛历史; Ng Ngiat Ciat 五月节 ; Etymology Hakka Bangka Belitung 语源客家邦加; Data Statistik Orang Bangka Belitung 邦加勿里洞人的数据; Bong Yung Sen黄榮勝; Fo Thung Pan 火筒粄 ; Chinese Lunar New Year Bangka Belitung 过年邦加勿里洞 ; AHOK 钟万勰

Peran Orang Tionghoa Bangka Belitung bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tulisan ini dibuat berkenaan dengan Hari Raya Imlek 2013, tahun baru tionghoa. Di Bangka Belitung disebut Ko Ngian / Ko Nyan, dalam dialek Hakka (Khek). Sejarah tercatat menunjukan lebih dari 350 tahun orang tionghoa telah hadir di pulau Bangka. Sebelum adanya Indonesia, belum pula ada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan jauh hari sebelum Belanda datang.  Mereka itu berasal dari Tiongkok Selatan, suku Hakka (khek). Khususnya dari propinsi Guangdong (Kong Tung). Awalnya mereka adalah pengusaha tambang yang mencari sumber logam, kemudian menemukan Pulau Bangka Belitung kaya akan Timah. Dengan membayar atas hak kelola kepada Sultan Pelembang, maka mulailah terbentuk koloni-koloni Orang Tionghoa di Pulau Bangka, kemudian di Pulau Belitung.

Peran Orang Tionghoa pada saat itu adalah memberikan alih teknologi di dalam pertambangan timah. Mulai dari teknik eksplorasi dengan menggunakan teknik Chiam (jian) bor mekanik hingga teknik peleburan dengan menggunakan tungku pengapian besar. Alih teknologi juga terjadi didalam banyak bidang yang lain, seperti perkebunan, perikanan, perumahan, misalnya model rumah berloteng 2 lantai pertama dibuat oleh orang Tionghoa, dan lain sebagainya. Bersamaan dengan itu, terjadi alkulturasi budaya yang dapat anda saksikan dengan gamblang sekali di Bangka Belitung. Sebagai contoh, Mian (Mie) dialkulturasikan menjadi Lakso. Bentuknya masih mie tetapi rasanya sama sekali berbeda dengan segala jenis mie yang ada di Tiongkok. Pakaian, Makanan, Kepercayaan bahkan bahasa pun demikian pula.

Peran Orang Tionghoa Bangka Belitung di bidang politik dan pemerintahan juga sangat besar. Orang Tionghoa Bangka Belitung terkenal sebagai pekerja keras, hal ini menyenangkan hati Sultan Palembang untuk terus memberikan hak kelola, bahkan diangkat menjadi bagian keluarga kerajaan. Begitu pula zaman belanda, mereka dipercaya oleh Belanda dengan diangkatnya Mayor Pertama di Sumatera, Tjung A Thiam, Mayor Muntok (Mentok), dengan tugas untuk memberikan kesejahteraan bagi komunitas Tionghoa dan Masyarakat lokal di seluruh Bangka. Kemudian Belanda meminta 2 orang Tionghoa untuk mewakili orang Tionghoa di Seluruh Hindia Belanda dalam Volksraad, salah satunya Lim A Pat dari Muntok (Mentok).  Kemudian masa pra-kemerdekaan dan paska-kemerdekaan tercatat beberapa nama yang terlibat didalam perjuangan , sebut saja seperti Bun Kim to (Tony Wen), dr. Lim, Hie Jat San, dan lain-lain. Bun Kim To aktif mendukung perjuangan Bung Karno merebut kemerdekaan Republik Indonesia, dr. Lim aktif memikirkan dan terlibat di dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia saat agresi Belanda I & II, Hie Jat San pendiri sekolah Kung Nung (Swadaya) terlibat langsung didalam kabinet Syahrir. Sekarang banyak pula orang Tionghoa Bangka Belitung yang terlibat sebagai orang-orang kunci di berbagai partai politik, seperti di PDI Perjuangan, Nasional Demokrat, dll. Begitu pula Tjung Ban Hok / A Hok (Basuki Tjahaja Purnama) , wakil gubernur DKI Jakarta yang tengah meneruskan benang merah yang sudah ada itu.

Peran Orang Tionghoa Bangka Belitung di bidang ekonomi dan perdagangan lebih banyak lagi, hal ini terjadi karena secara represif dimundurkannya orang tionghoa dari dunia politik tanah air pada zaman Suharto.  Sekolah, perkumpulan, bahasa, aksara dan perayaan tahun baru imlek dilarang. Politik dan budaya diskriminasi membuat orang tionghoa terkonsentrasi di bidang perdagangan yang sempit. BUKJAM mencatat bahwa pada zaman itu melahirkan konsentrasi orang Tionghoa Bangka Belitung di Jakarta, khususnya di Sawah Besar, menjadi pusat komponen dan perangkat otomotif, di Kenari menjadi pusat komponen dan perangkat listrik / elektrik. Kala itu, sebagian juga ada di Glodok untuk komponen dan perangkat elektronika. Di daerah sawah besar dan kenari umumnya para pedagang dan koleganya menggunakan bahasa campuran Melayu Bangka & Hakka (Khek). Kapankah mulai terjadinya migrasi orang tionghoa ke Jakarta? Lihat seri tulisan BUKJAM tentang “migrasi orang tionghoa Bangka Belitung”.

Jadi jika anda perhatikan dengan seksama maka anda akan menemukan bahwa Orang Tionghoa Bangka Belitung telah mengambil bagian , berkontribusi dan memiliki andil terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) lewat cara dan bidangnya masing-masing. Jika anda Orang Tionghoa Bangka Belitung, akankah anda terlibat pula?Meneruskan benang merah itu…

Kiong Hie Sin Ngian, Selamat Merayakan Tahun Baru Imlek 2013. BUKJAM

Email : info@bukjam.com, bukjam@gmail.com ;
Twitter Bangka Belitung Indonesia : http://www.twitter.com/BUKJAM ;
Facebook Bangka Belitung : http://www.facebook.com/bukjam2 ;
Blog Bangka Belitung : https://bukjam.wordpress.com ;
Netlog  Bangka Belitung : http://id.netlog.com/bukjam ;
Informasi Bangka Belitung : http://www.bukjam.com ;


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: