Posted by: bukjam | May 15, 2014

Kue Bangka Belitung – Si Kentut (Taphipan)

More Related Articles :    Hakka Bangka Shao Zhu 燒豬客家邦加印尼 ; Mian Bao (Bakpao)  Bangka麵包; Bong Li Piang 黄梨餅客家邦加印尼 ; Ngiong Theuwfu酿豆腐 ;  Hakka Mian in Bangka Indonesia 麵客家邦加 ; Lo Fu Pan 老虎粄 ; ThiamPan 甜粄 ; Hok Lo Pan ( History of  Martabak Bangka) 福佬粄; Theuw Fu Fa豆腐花 ; Ngiong Theuwfu酿豆腐 ; Fo Thung Pan 火筒粄 ;  Daftar KUE & Makanan Khas Bangka Belitung 客家邦加勿里洞粄菜单 ; Hakka Bangka Belitung Origin & Root 客家邦加勿里洞历史

 

Klik URL ini :  Facebook Makanan Khas Bangka Belitung

 

Kue Bangka Belitung – Si Kentut (Taphipan 打屁粄)

Kue Khas Bangka Belitung

Salah satu kue aneh di Bangka Belitung, namanya kue “Kentut” atau kue “Si Kentut”. Nama kue ini bukan suatu hal yang jorok atau mengada-ada. Melainkan, nama kue yang unik ini ternyata memang demikian adanya. Kue si kentut ini telah memiliki sejarah ribuan tahun. Kue ini hadir di Bangka Belitung bersama-sama dengan hadirnya Orang Tionghoa suku Hakka / suku Khek di kepulauan Bangka Belitung (Babel). 95% lebih dari orang Tionghoa di Babel adalah berasal dari suku Hakka.

Suku Hakka (khek) hidup tersebar di dataran Tiongkok sana. Karena itu mereka disebut Hakka, yang artinya Suku Tamu. Mereka yang datang ke Bangka Belitung berasal dari Tiongkok Bagian Selatan, khususnya daerah Guangdong, Guangxi dan Hainan. Kue si Kentutdalam dialek Hakka (Khek) disebut Ta Phi Pan打屁粄 ( Pinyin : Da Pi Ban ) menjadi kue khas di Bangka Belitung. Kue ini wajib dimakan setiap setahun sekali, yakni setiap tanggal 8 bulan 4 Kalender Tionghoa. Tahun 2014 ini, jatuh pada hari Kamis , tanggal 6 Mei 2014. Sekarang ini, tidak semua anak-anak muda Babel mengenal kue ini lagi, dan juga tidak semua menyukainya.

Kue Bangka Belitung

Kue si KENTUT (Hakka Ta Phi Pan 打屁粄)

Kue ini dibuat dari daun Ta Phi 打屁 (si Kentut). Katanya kue ini bau kentut, nyatanya kue ini bau harum dan enak dimakan. Warna kue ini hijau lumut, diolah dari daun si kentut dengan mencampurnya dengan tepung sagu. Ada 3 bentuk kue kentut ini. Pertama berbentuk lapis, mirip seperti kue lapis. Kedua, berbentuk gulung, mirip seperti kue Fo Thung. Ketiga, berbentuk bulat bergambar timbul, karena model ini dicetak. BUKJAM lebih suka bentuk gulung, karena sepertinya lebih wangi, kemudian sebelum memakannya gulungan tersebut bisa kita buka sehingga menjadi lembaran yang lebih lebar.

Hasil survei BUKJAM, di Jakarta anda dapat menemui kue ini di berbagai tempat, misalnya di pasar kopro Tanjung Duren, Jakarta Barat. Naiklah ke lantai 2, di sana ada banyak orang Bangka Belitung yang berjualan kue. Ada juga di Restoran Bakmi Belitung, Bandengan, Jakarta Utara. Atau, bisa pula anda temui dimana banyak terdapat orang-orang Babel menetap. Harganya tidaklah mahal, yang berbentuk kue lapis 1 kap plastik berisi 4-5 potong harganya sekitar Rp10.000,- .

Katanya kue ini bagus untuk kesehatan berkaitan dengan perubahan kondisi alam semesta, makanya kue ini harus dimakan pada tepat tanggal 8 bulan 4 Kalender Tionghoa. Anda percaya? Memang tidak ada penelitian modern tentang hal ini. Boleh jadi orang-orang zaman dahulu kala pernah melakukannya dan mengetahui khasiatnya. Tetapi paling tidak, suku Hakka (khek) meyakini ini selama ribuan tahun dan mewarisinya bagi orang-orang di Bangka Belitung hingga hari ini. Mau coba?

Email : info@bukjam.com, bukjam@gmail.com ;
Twitter Bangka Belitung Indonesia : http://www.twitter.com/BUKJAM ;
Facebook Bangka Belitung : http://www.facebook.com/bukjam2 ;
Blog Bangka Belitung : https://bukjam.wordpress.com ;
Informasi Bangka Belitung : http://www.bukjam.com ;


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: